Langsung ke konten utama

Hadiah Dari Kejujuran


CERPEN "HADIAH DARI KEJUJURAN"

Di pagi hari yang cerah, suara kicauan burung yang indah membuat suasana pagi menjadi tenang dan damai. Aku menuruni tangga dengan terburu-buru menuju meja makan cuman mengambil bekal yang sudah disiapkan oleh ibu. Tanpa sadar ibu memanggil ku :”Myraaaa….myraa” kata ibuku yang sedang memasak. “Ada apa bu?” jawabku. “Hari ini kamu ada ulangan matematika, ibu dapat sms dari guru kamu tadi malam, myra..ibu minta kamu jangan menyontek saat ulangan. Karna ibu dengar dari rapat orang tua kemarin, jika ketahuan nilai kamu bisa dikurangi 10 point.” “iya bu,myra tidak akan menyontek”.jawabku. ”aduh kalua tidak menyontek,nilai aku bagaimana nih”(dalam batinku). “yasudah kamu berangkat ke sekolah,udah jam berapa ini,nanti kamu telat”. “myra pergi dulu bu” kataku sambil mencium tangan ibuku.
Aku masuk ke kelas, banyak sebagian dari mereka belajar untuk ulangan dan sebagian lagi hanya bermain tidak memikirkan ulangan. Teman-temanku menyampiri ku samnbil mengajak aku untuk tidak belajar.”Myra,kamu belajar gak ?”. “tidak, aku tadi malam ketiduran,kalian belajar?”. Jawabku. “sudahlah myra..lebih baik nyontek. Kalau kamu tidak nyontek.bagaimana nilai kamu nanti.” “aku sudah janji sama mama,kalau aku harus mengerjakan ulangan dengan jujur,tapi selama ini aku mengerjakan ulangan dengan cara nyontek”(dalam batinku).
Suara pintu terdengar,Gurunya datang dan membawa beberapa kertas.”catatan,hp dimasukin ke dalam tas. Yang diatas meja hanya selembar kertas,tulis nama dan kelas kalian. Yang ketahuan nyontek. Saya kurangi nilainya”. Semua siswa mengerjakan ulangan dengan tenang, kecuali teman-temanku. Mereka tetap menyontek meskipun gurunya tidak mengetahuinya. Aku tetap mengerjakan sesuai kemampuanku.meskipun ini pertama kalinya aku mengerjakan ulangan tanpa menyontek. Ulangan sudah berakhir, guru membagikan kertas ulangan masing-masing murid. “Myra kamu dapat nilai berapa?” Tanya temanku. “aku hanya dapat 60, tapi aku bersyukur.setidaknya aku berusaha sendiri”. Aku melihat nilai ulangan temanku yang mendapatkan nilai bagus. Hati kecilnya merasa iri dan kesal. Mereka yang nyontek mendapatkan nilai bagus sedangkan aku yang mendapatkan nilai 60 dengan usahaku sendiri. Ternyata ini raa kesal yang dirasakan teman-teman ku mengerjakan ulangan tanpa menyontek.
Aku pulang ke rumah, aku ke atas menuju kamar. Aku keluarkan kertas ulangan itu,sambil memikirkan cara agar aku bisa mendapatkan nilai 100 tanpa menyontek. Aku ambil buku catatanku,mencoba latihan soal. “Myra kamu tidak makan roti?, ibu sudah buatin roti buat kamu”. “tidak bu ,myra lagi belajar” jawabku. Jam dinding menunjukan pukul 22:05 WIB  aku sampai lupa bahwa aku belum makan malam. Aku belajar sepulang sekolah, hari demi hari aku habiskan dengan belajar dan terus latihan soal,meskipun jawabanku salah,aku tetap memperbaiki jawabanku. Aku mempersiapkan diriku untuk mengikuti UN. Kali ini aku tidak boleh mendapatkan nilai jelek.
Hari yang  aku tunggu pun tiba, dimana hari yang bisa membantuku untuk lulus SNMPTN. “myra, alat tulis,kartu ujian sudah kamu siapkan?” Tanya ibu sambil membuat bekal untukku , “sudah bu, ini roti myra?” jawabku. “myra,kamu harus percaya dengan kemampuan kamu. Ibu yakin kamu bisa menjawab soalnya. Kalau kamu tidak percaya dengan kemampuan kau, percuma kamu belajar segiat ini”. Jawab ibu menasehatiku. “iya bu myra. Doain myra ya semoga bisa jawab soal UN nya”. Jawabku sambil memasuki bekal ke dalam tas. “myra kamu sudah mendaftar snmptn nya kan?” Tanya ayahku sambil makan. “sudah ayah, tapi myra bingung, apa bisa myra lulus dengan nilai bagus” jawabku dengan wajah sedih. “kamu berdoa saja, dan jujur mengerjakan soalnya, ayah yakin kamu bisa mengerjakannya”. Jawab ayah sambil menemaniku ke depan pintu rumah.
Suasana tegang sangat terasa ketika aku memasuki ruang UN. Aku sendiri sangat tegang berbeda dengan teman-temanku yang suka menyontek. Mereka hanya santai sambil tertawa dan bercerita hal-hal yang membosankan. “eh kalian tidak belajar” jawabku . “kamu belajar ra?, lebih baik kamu nyontek, apalagi nilai ini untuk menentukan kamu lulus atau tidaknya SNMPTN”. Jawab teman-teman dengan serius. Pengawas ulangan dating dengan membawa kertas yang banyak. Ulangan dimulai dengan tenang, baru 15 menit ulangan dimulai. Tiba –tiba suara tegas dari salah satu pengawas itu “3 ITU YANG DUDUK DI BELAKANG, KERTAS JAWABAN KALIAN BAWA KE DEPAN!”. Semua siswa termasuk aku melihat ke arah belakang, ternyata teman-teman ku yang suka menyontek. Mereka ketahuan menyontek oleh pengawas. 2 jam berakhir menandakan ulangan sudah selesai.
3 Minggu sudah berlalu, aku membuka site SNMPTN, mengetik sitenya saja jariku gemetaran, aku mengisi semua dataku di site SNMPTN. Ternyata aku lulus SNMPTN, aku sangat senang, “ibuuuuu….buu, myra lulus bu”. Tanyaku sambil menurunin tangga. “kamu hati-hati ra, kamu lulus SNMPTN?” jawab ibuku. “iya bu, myra tidak percaya, kalau myra bisa lulus”. Jawabku dengan senang. “ibu yakin kamu lulus, karna kamu giat belajar dan terus kerja keras dalam menyelesaikan soal-soal di buku” jawab ibu dengan senang.
Akhirnya aku merasakan bahwa berbuat jujur itu lebih indah, asalkan diiringin dengan disiplin dalam belajar dan kerja keras dalam menyelesaikan soal-soal. Maka kamu akan medapatkan hadiah yang luar biasa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Konsep Agen Cerdas

Pengertian Agen Cerdas Ilmu AI dalam permainan umumnya digunakan untuk membuat agen yang dapat mengambil tindakan, memiliki kecerdasan, dan bisa memahami keputusan terhadap kondisi permainan yang dinamis.Agen cerdas (Artificial Intelligence) adalah sebuah agen yang menerima persepsi dari lingkungan dan melakukan tindakan. Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan kecerdasan buatan sehingga agen tersebut dapat berpikir dan bertindak selayaknya manusia (atau mungkin lebih baik dari pikiran manusia). Konsep Agen Cerdas dan lingkungan Agen adalah segala sesuatu yang dapat dipandang sebagai entitas pada suatu lingkungan yang mengamati melalui alat sensor dan bertindak melalui alat aktuator. Sebagai perbandingan, agen manusia memiliki alat sensor: mata, telinga, dan organ sensor lainnya; alat actuator: tangan, kaki, mulut, dan bagian tubuh lain sebagai alat gerak. Sedangkan pada agen robot: kamera dan inframerahi untuk sensor, danlengan, serta berbagai motor sebagaiaktuato...

KLASIFIKASI POHON KEPUTUSAN

       Pada Mata kuliah Konsep Data Mining dengan materi klasifikasi: pohon keputusan.  Algoritma Dasar untuk Membangun Pohon Keputusan.  Algoritma yang efisien telah dikembangkan untuk menghasilkan pohon keputusan yang cukup akurat, meskipun tidak optimal, dalam jumlah waktu yang wajar.  Salah satu metode yang paling awal adalah algoritma Hunt , yang merupakan dasar bagi banyak implementasi pengklasifikasi pohon keputusan saat ini, termasuk ID3, C4.5, dan CART.     Dalam algoritma Hunt, pohon keputusan tumbuh secara rekursif. –Pohon awalnya berisi satu simpul akar yang dikaitkan dengan semua instance latih. –Jika sebuah node dikaitkan dengan instance dari lebih dari satu kelas, ia diperluas menggunakan kondisi atribut uji yang ditentukan menggunakan kriteria pemisahan. –Node daun / anak dibuat untuk setiap hasil dari kondisi atribut uji dan instance yang terkait dengan node induk didistribusikan kepada anak-anak berdasarkan has...

MEMBUAT GARIS PADA OPENGL(Grafik Komp&Pengolahan Citra)

Pada mata kuliah Grafik Komp&Pengolahan Citra mengajarkan tentang grafika komputer  yang merupakan proses pembentukan gambar menggunakan komputer. Aplikasi grafika komputer di berbagai bidang menjadikan grafika komputer sebagai bidang ilmu yang sangat penting di kehidupan nyata. Proses pembentukan gambar yang diimplementasikan dalam grafika komputer mengadopsi proses pembentukan gambar pada sistem visual tanpa komputer seperti pada visual manusia atau kamera. Pada kesempatan ini kita akan membuat garis vertikal,horizontal dan diagonal dengan menggunakan OpenGL yang dimana akan dicompile dengan bahasa pemograman C++. Sebelum itu kita bahas sedikit tentang OpenGL? OpenGL merupakan singkatan dari Open Graphics Library. OpenGL itu merupakan spesifikasi standar yang mendefinisikan suatu lintas bahasa untuk mengembangkan suatu aplikasi yang menghasilkan suatu grafis komputer dalam bentuk 2D ataupun 3D. Untuk mempelajari pemrograman grafik ini, diharapkan kita dapat menguasai pe...