Langsung ke konten utama

TUGAS KELOMPOK SOFTSKILL MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI



Makalah Aplikasi
Manajemen Layanan Sistem Informasi




 
Kelas: 2KA24
Kelompok 2
Disusun Oleh:

Aditya Arlan Oktaviawan                             (10117160)
Dini Yasmin Pattah                                      (11117764)
Yohan                                                          (16117599)




Dosen : Dina Agusten

JURUSAN SISTEM INFORMASI

FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
ATA 2018/2019



KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan  kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan penulisan makalah ini. Adapun penulisan makalah ini untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliah Manajemen Layanan Sistem Informasi.
Makalah ini ditunjang dengan adanya pembahasan, yang bertujuan untuk memperlengkap pemahaman makalah sesuai dengan tema.
Akhirnya Saya berharap makalah ini dapat memberikan Informasi yang bermanfaat bagi peningkatan pembelajaran dan penambahan ilmu pengetahuan untuk mahasiswa yang lain.  Penulisan makalah ini tidak sepenuhnya sempurna, maka dari itu penulis sangat  memerlukan kritik dan saran dari berbagai pihak untuk menyempurnakan isi makalah.
Akhir kata penulis ucapkan terima kasih dan semoga penulisan laporan ini berguna bagi para pembaca dan khususnya penulis sendiri.






Bekasi, 23 Maret 2019

Penulis

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR..........................................................................................i
DAFTAR ISI......................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN....................................................................................1
1.1 Latar Belakang...........................................................................................1
1.3 Tujuan Pembahasan..................................................................................2
BAB II PEMBAHASAN.....................................................................................3
2.1. Hardware dan Software yang digunakan..................................................3
2.2. Tampilan Aplikasi......................................................................................3
2.3. Flowchart Sistem......................................................................................4
2.4. Source Code Aplikasi...............................................................................5
2.5. Struktur Database....................................................................................7
2.6. Uji Coba...................................................................................................8
BAB III PENUTUP.........................................................................................12
3.1 Kesimpulan.............................................................................................12


BAB I
 PENDAHULUAN
Pelayanan Publik (Public Service) merupakan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat umum yang menjadi warga negara atau secara sah menjadi penduduk negara yang bersangkutan. Pelayanan publik disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Penerima pelayanan publik adalah perseorangan atau kelompok yang sedang melakukan pelayanan. Masyarakat merupakan pelanggan dari pelayanan publik, karena masyarakat langsung dapat menilai apakah kualitas pelayanan yang di berikan sudah baik atau masih belum sesuai dengan harapan masyarakat.

Kualitas pelayanan memiliki hubungan yang erat dengan kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan memberikan suatu dorongan kepada pelanggan untuk menjalin ikatan hubungan yang kuat dengan pemerintahan. Dalam jangka panjang, pemerintahan dapat meningkatkan kepuasaan pelanggan dimana pemerintah memaksimumkan pengalaman pelanggan yang menyenangkan dan meminimumkan pengalaman pelanggan yang kurang menyenangkan.

Kepuasan pelanggan merupakan respon pelanggan terhadap ketidakesuaian antara tingkat kepentingan sebelumnya dengan kinerja aktual yang dirasakannya setelah pemakaian. Kepuasan pelanggan ditentutkan oleh kualitas pelayanan yang ditawarkan, sehingga kualitas merupakan prioritas utama bagi pemerintah sebagai tolak ukur keunggulan untuk bersaing.

Kualitas pelayanan memegang peran penting untuk mencapai tingkat kepuasan pelanggan. Citra kulitas pelayanan yang baik menjadi sudut pandang atau persepsi pihak pemerintah, melainkan berdasarkan sudut pandang pelanggan. 
Hal ini pelanggan yang memakai pelayanan pemerintah. Persepsi pelanggan terhadap kualitas pelyanan merupakan penilaian menyeluruh atas keunggulan suatu pelayanan.

1.2.   Tujuan Pembahasan
     1. Layanan dalam memberikan informasi kepada manajemen untuk  mengambil keputusan 
       2. Memberi Informasi yang diperlukan oleh pelanggan 
      3. Layanan dalam memberikan data kepada setiap unit operasionl untuk kegiatan bisnis



BAB II
Pembahasan

2.1.  Hardware dan Software yang digunakan

1.    Laptop

2.    Delphi7

3.    Microsoft Acces 2003

2.2.  Tampilan Aplikasi

Gambar 1 Tampilan saat login pada Form1(Login) untuk membuka Form2(Form Parkiran)


Gambar 2 Tampilan saat salah ketika input username / password (screenshot kanan) & ketika benar input username / password (screenshot kiri).


Gambar 3 Tampilan Form2, setelah berhasi login.

2.3.  Flowchart Sistem


Gambar 4 Flowchart Sistem Parkir.

Penjelasan : Admin saat membuka aplikasi akan melakukan input username dan password sesuai dengan database yang sudah dibuat, setelah benar input username dan password, Form Parkiran akan muncul. Jika tidak maka admin harus memeriksa username dan password kembali. Saat penginputan data pada Form Parkiran pertama admin harus mengisi data ke-n.

Agar tersusun rapih pada database, setelah itu input platnomor, dan tentukan jenis kendaraan, jika motor maka harga perjam menjadi 1000 dan mobil menjadi 2000 secara otomatis, lalu input lama parkir pelanggan, kemudian klik tombol hitung untuk menghitung total parkir pelanggan sesuai dengan harga perjam dikali dengan lama parkir. Terakhir segala yang sudah diinput oleh admin akan otomatis masuk ke database parkiran.


2.4.   Source Code Aplikasi

Gambar 5 Source code untuk form login

Gambar 6 Source code untuk form parkiran pada tombol ketika memilih jenis kendaraan dan menghitung total parkir.

Gambar 7  Kedua gambar diatas merupakan sourcecode untuk menyimpan / menghapus pada database.

 

2.5.  Struktur Database

      Database yang kami buat saat ini memiliki keterangan sebagai berikut :


Gambar 8 Tabel 1 (Tabel Parkiran).

-         Nomor (Short Text, panjangnya 1 digit)

-         Plat_Nomor(Short Text, Panjangnya 10 digit)

-         Lama_Parkir(Number, Panjangnya 5 digit)

-         Total_Bayar(Number, Panjangnya 10 digit)

-         Jenis_Kendaraan(Short Text, Panjangnya 5 digit)


2.6.  Uji Coba















BAB III
PENUTUP
 

3.1.  Kesimpulan

                 Dengan aplikasi ini dapat memudahkan entitas lainnya contohnya seperti admin,pelanggan dan manajer. Pengertian pelayanan sendiri adalah suatu kegiatan atau urutan kegiatan yang terjadi dalam interaksi langsung antara seseorang dengan orang lain atau mesin secara fisik, dan menyediakan kepuasan pelanggan. Aplikasi ini juga memenuhi beberapa aspek seperti Layanan dalam memberikan informasi kepada manajemen untuk mengambil keputusan (disini kami bisa tau pendapatan perhari lewat database).Lalu Memberikan informasi yang diperlukan oleh pelanggan (tentu saya akan memberi tahu pelanggan mengenai total bayar parkir lewat fungsi hitung pada aplikasi saya). Terakhir Layanan dalam memberikan data kepada setiap unit operasional untuk kegiatan bisnis (kalau parkiran kami mengalami keuntungan karena setiap datanya tercatat dan mungkin bisa menggunakan keuntungan dari parkiran untuk keperluan bisnis).


Komentar

Postingan populer dari blog ini

AMBON MANISE

A mbon adalah sebuah suku yang mendiami daerah kepulauan yang sekarang terletak di Provinsi Maluku. Nama Maluku sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Arab, yakni al-muluk. Penamaan tersebut dikarenakan yang membuat peta daerah Maluku adalah para sarjana geografi Arab. Tetapi setelah Belanda masuk, kata tersebut dirubah menjadi Maluku. Maluku didominasi oleh ras suku bangsa Melania Pasifik, yang masih berkerabat dengan Fiji, Tonga, dan beberapa bangsa kepulauan yang tersebar di kepulauan Samudera Pasifik. Sementara itu suku pendatang kebanyakan berasal dari daerah Buton, Makassar, Bugis, Cina dan Arab. Maluku juga memiliki ikatan tradisi dengan bangsa-angsa kepulauan pasifik seperti bahasa, lagu daerah, makanan, perangkat peralatan rumah tangga dan alat musik. Orang-orang suku Ambon umumnya memiliki kulit gelap, rambut ikal, kerangka tulang besar dan kuat. Profil tubuh mereka lebih atletis dibandingkan dengan suku lain di Indonesia dikarenakan aktifitas utama mereka merupakan akti

AUDIT TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI

Apa itu Audit TI? Audit teknologi informasi (TI) memeriksa proses, aset TI, dan kontrol di berbagai tingkatan dalam suatu organisasi untuk menentukan sejauh mana organisasi mematuhi standar atau persyaratan yang berlaku. Karakteristik Audit TI Bergantung pada kompleksitas dan karakteristik tertentu dari pengendalian TI atau lingkungan operasi yang menjalani audit, auditor mungkin memerlukan pengetahuan atau keahlian khusus agar dapat memeriksa dengan benar dan efektif pengendalian yang termasuk dalam ruang lingkup audit TI.  Kode etik, praktik, dan perilaku etis, seperti keahlian, umum di semua domain audit, menekankan prinsip dan tujuan seperti integritas, objektivitas, kompetensi, kerahasiaan, dan kepatuhan terhadap standar dan pedoman yang sesuai.   Independensi auditor — prinsip yang berlaku baik untuk audit internal maupun eksternal  Auditor — berarti bahwa individu yang melakukan audit dan organisasi yang mereka wakili tidak memiliki kepentingan finansial dan bebas dari konflik k

KLASIFIKASI POHON KEPUTUSAN

       Pada Mata kuliah Konsep Data Mining dengan materi klasifikasi: pohon keputusan.  Algoritma Dasar untuk Membangun Pohon Keputusan.  Algoritma yang efisien telah dikembangkan untuk menghasilkan pohon keputusan yang cukup akurat, meskipun tidak optimal, dalam jumlah waktu yang wajar.  Salah satu metode yang paling awal adalah algoritma Hunt , yang merupakan dasar bagi banyak implementasi pengklasifikasi pohon keputusan saat ini, termasuk ID3, C4.5, dan CART.     Dalam algoritma Hunt, pohon keputusan tumbuh secara rekursif. –Pohon awalnya berisi satu simpul akar yang dikaitkan dengan semua instance latih. –Jika sebuah node dikaitkan dengan instance dari lebih dari satu kelas, ia diperluas menggunakan kondisi atribut uji yang ditentukan menggunakan kriteria pemisahan. –Node daun / anak dibuat untuk setiap hasil dari kondisi atribut uji dan instance yang terkait dengan node induk didistribusikan kepada anak-anak berdasarkan hasil tes. –Langkah ekspansi simpul ini kemudian d