Langsung ke konten utama

SOFTSKILL INOVASI SI & NEW TECHNOLOGY(LANJUTAN BAB)

DINI YASMIN PATTAH
11117764
2KA24
INOVASI SI & NEW TECHNOLOGY

BAB 5 TREND SI/TI PADA BISNIS DAN MASA DEPAN

a.  Ekonomi Api(Aplikasi Penghubung Pemrograman)

    API (Application Programming Interface) adalah sekumpulan perintah, fungsi, dan protokol yang dapat digunakan oleh programmer saat membangun perangkat lunak untuk sistem operasi tertentu. API memungkinkan programmer untuk menggunakan fungsi standar untuk berinteraksi dengan sistem operasi lain.  



  Dalam contoh sederhana, dibutuhkan setidaknya ribuan system calls per detik. Oleh karena itu Kebanyakan programmer membuat aplikasi dengan menggunakan Application Programming Interface(API). Dalam API itu terdapat fungsi-fungsi/perintah-perintah untuk menggantikan bahasa yang digunakan dalam system calls dengan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti oleh programmer. Fungsi yang dibuat dengan menggunakan API tersebut kemudian akan memanggil system callssesuai dengan sistem operasinya. Tidak tertutup kemungkinan nama dari system callssama dengan nama di API.

Keuntungan memprogram dengan menggunakan API adalah:
  • Portabilitas. Programmer yang menggunakan API dapat menjalankan programnya dalam sistem operasi mana saja asalkan sudah ter- install API tersebut. Sedangkan system callberbeda antar sistem operasi, dengan catatan dalam implementasinya mungkin saja berbeda.
  • Lebih Mudah Dimengerti. API menggunakan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti daripada bahasa system call. Hal ini sangat penting dalam hal editing dan pengembangan.
  System call interface ini berfungsi sebagai penghubung antara API dan system call yang dimengerti oleh sistem operasi. System call interface ini akan menerjemahkan perintah dalam API dan kemudian akan memanggil system calls yang diperlukan. Untuk membuka suatu file tersebut user menggunakan program yang telah dibuat dengan menggunakan bantuan API, maka perintah dari user tersebut diterjemahkan dulu oleh program menjadi perintah open().Perintah open() ini merupakan perintah dari API dan bukan perintah yang langsung dimengerti oleh kernel sistem operasi. Oleh karena itu, agar keinginan userdapat dimengerti oleh sistem operasi, maka perintah open() tadi diterjemahkan ke dalam bentuk system call oleh system call interface. Implementasi perintah open() tadi bisa bermacam-macam tergantung dari sistem operasi yang kita gunakan.

  Sebagai contoh, Amazon.com merilis API sehingga pengembang situs web dapat lebih mudah mengakses informasi produk Amazon, menggunakan Amazon API, sebuah situs web pihak ketiga dapat memposting link langsung ke produk Amazon dengan harga yang terupdate dan pilihan untuk “beli sekarang".
 
 
 

b. Pemasaran dimensi

      Pemasaran memiliki banyak arti dalam masing masing dimensi. Dalam dimensi bisnis pemasaran merupakan suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang di rancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang - barang dan jasa yang dapat memuaskan keinginan konsumen. Bagian pemasaran dalam sebuah persahaan memiliki sistem informasi pemasaran yang digunakan untuk memasarkan produk atau jasa perusahaan tersebut. Dan sistem ini merupakan gabungan dari keputusan yag berkaitan tentang produk, tempat, promosi, dan harga produk.

c.  Robot manusia AILA


      Pada masa ini perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang cukup pesat. Banyak sekali terciptanya macam macam teknologi yang dapat mempermudah pekerjaan manusia. Dan robot merupakan salah satu ciptaan manusia yang ada karena adanya perkembangan teknologi. Robot sendiri sudah mengalami banyak pengembangan sehingga semakin kesini kemampuan robot yang dibuat memiliki kemampuan layaknya manusia. 

      Robot AILA dikembangkan di Pusat Penelitian Jerman dan akan menggantikan peran manusia dalam melakukan tugas-tugas yang kompleks di stasiun luar angkasa internasional. Tak hanya berperan seperti manusia, wujudnya pun juga akan dirancang mirip tubuh manusia, lengkap dengan dua lengan dan jari.
Selain itu, di kepalanya juga disematkan dua kamera Prosilica untuk fungsi penglihatan. Lalu, di bagian dada ditanami sebuah scanner laser Hoyuko dan bagian perutnya dibenamkan kamera waktu 3D penerbangan Mesa Swiss Ranger 4000. Tak hanya itu, robot AILA juga didukung dengan dua PC berukuran 3.5 inci, satu untuk kontrol gerakan di bagian kepala, satunya mengontrol roda untuk berjalan, seperti yang disampaikan oleh Cnet (12/10/15).
     Agar robot ini dapat bertindak seperti manusia, dia juga mendapat pelatihan khusus. Operator akan menampilkan gerakan yang dilakukan, dan robot harus meniru gerakan tersebut. Pelatihan ini masih berlangsung dan terus dikembangkan. Sejauh ini, AILA sudah bisa menyelesaikan demonstrasi pertamanya dalam melakukan tugas simulasi di stasiun luar angkasa.




d.  Pekerja teknologi informasi bagi masa depan


Salah satu peranan teknologi informasi bagi perusahaan yang paling nyata adalah semua pekerjaan akan lebih cepat dan akurat. Penerapan teknologi informasi yang efektif akan mengurangi biaya yang tidak diharapkan dan dapat meningkatkan fleksibilitas. Hal ini akan terlihat dalam alur bisnis yang menjadi lebih terorganisir dan tersentralisasi.

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.


BAB 6 TREND SI/TI DI BIDANG BISNIS

a. Pengertian dan tujuan bisnis

Bisnis ialah suatu organisasi yang menjual jasa atau barang kepada pembeli atau komsumen ataupun bisnis lainnya, untuk memperoleh laba. Ada tiga hal penting dalam bebisnis yaitu menghasilkan barang dan jasa, mencari profit dan memaksimalkan kebutuhan konsumen. Dalam dunia perekonomian bisnis memiliki karakteristik yakni sebagai berikut:
1.      Lembaga atau institusi atau organisasi social dan ekonomi
2.      Berhubungan dengan berbagai barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan manusia
3.      Mencari laba, profit atau keuntugan.
4.      Menentukan harga yang sesuai
5.      Akan ada kemungkinan mengalami kerugian
    Tujuan utama bisnis ialah untuk mencari keuntungan bagi setiap perusahaan yang
bergerak dalam bidangnya masing-masing, dan juga memberikan dampak yang positif
bagi negara karena perusahaan yang berdiri harus membayar pajak kepda pemerintah.



b. Teknologi informasi dan dunia bisnis


             Teknologi Informasi dan Dunia Bisnis
Dengan semakin majunya teknologi, hal ini membawa banyak manfaat yang berguna bagi masyarakat.Dan teknologi informasi menjadi salah satu teknologi yang memberikan manfaat di dunia bisnis. Oleh sebab itu teknologi informasi memiliki pengaruh terhadap dunia bisnis karna memberikan beberapa manfaat utuk dunia bisnis yaitu :

  • Membuat adanya peluang baru dalam dunia bisnis yaitu E-Busiess  
  • Dapat memperluas pangsa pasar
  • Dapat mengurangi biaya produksi dan operasional.

C.  Prosedur Pendirian Bisnis, Kontrak Kerja, dan Prosedur Pengadaan

Dalam prosedur pendirian bisnis memiliki beberapa tahapan yang perlu diperhatikan yaitu :
  • Tahap pengurusan izin pendirian
    Mendapatkan sebuah izin dalam mendirikan perusahaan sangatlah penting. Karna hal tersebut membuat perusahaan yang kita dirikan dapat di akui keberadaannya oleh sebuah negara. Untuk mendapatkan izin perusahaan juga harus menyiapkan beberapa dokumen yang di perlukan antara lain Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan juga bukti diri pendiri perusahaan.
  • Tahap pengesahan menjadi badan hukum
    Indonesia merupakan negara yang memiliki aturan hukum sebagai acuan untuk mengatur seluruh kegiatan yang ada. Walaupun tidak semua badan usaha harus berbadan hukum namun setiap usaha memang dimasukkan untuk sebuah usaha berkembangan menjadi skala besar maka hal itu dibutuhkan untuk mendapatkan izin kegiatan yang akan dilakukan tidak boleh mengabaikan hukum yang berlaku.
  • Tahap penggolongan menurut bidang yang dijalani
    Terdapat berbagai macam bentuk usaha yang di dirikan dala sebuah negara sehingga di prlukannya penggolongan sesuai bidang yang dijalani. Hal tersebut berkaitan dengan mengurus surat izin yang disesuaikan dengan departemen yang membawanya. 
  • Tahap mendapatkan pengakuan , pengesahan dan izin dari departemen lain yang terkait
    Selain mendapatkan izin maka diperlukan juga yang dinamakan pengesahan dari departemen lain agar perusahaan tersebut memiliki pengakuan.
Kontrak kerja merupakan sebuah kewajiban yang harus dimiliki badan usaha / bisnis terhadap karyawannya.  
Prosedur pengadaan dalam badan usaha juga dibagi menjadi dua yaitu :  

a. Pengadaan tenaga kerja yang meliputi beberapa prosedur mulai dari perencanaan , penarikan , seleksi sampai penempatan tenaga kerja. 

b. Pengadaan barang dan jasa memiliki 4 metode penyediaan namun jika kita menggunakan metode penujukan langsung maka prosedur yang akan berlangsung mulai dari penilaia kualifikasi, permintaan penawaran dan negosiasi harga, penetapan dan penunjukan langsung, penunjukan penyedia barang / jasa, pengaduan dan penandatanganan kontrak.

dAplikasi Bisnis

Ada beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan dalam berbisnis diantaranya :
  • Xero merupakan aplikasi terbaik dalam bidang accounting. Ia dapat membantu para akuntan awam. Aplikasi ini juga membuat anda terhubung dengan bank sehingga mempermudah pengguna dalam membayar secara online. 
  • My Budget Book merupakan aplikasi yang membantu pengguna dalam melacak pengeluaran dan pendapatan serta membantu dalam mengelola uang untuk lebih efektif.
  • Trello merupaka aplikasi android yang membantu pengguna dalam mengorganisasi pekerjaan. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk membuat agenda yang harus ia lakukan.

e. Proses dan Strategi Pengembangan Bisnis TI

  • Studi kelayakan adalah awal proses untuk merumuskan informasi yang di butuhkan oleh pemakai akhir. Tujuannya adalah untuk mengevaluasi solusi system alternative.
  • Analisis system adalah studi mendalam mengenai informasi yang di butuhkan oleh pemakai akhir yang menghasilka persyaratan fungsional.
  • Desain system adalah menentukan bagaimana system memenuhi tujuan kebutuhan informasi pemakai.
  • Pengembangan pemakai akhir adalah prktisi TI memainkan peran sebagai konsultan.

f. Aturan E-Business pada Bisnis

  • Komunikasi disini merupakan adanya fasilitas atau media yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi, layanan, transaksi elektronik dan pemindahan barang dari penjual ke pembeli.
  • Perdagangan disini merupakan sistem untuk melakukan transaksi online mulai dari promosi barang , pemesanan barang , pembayaran hingga pengiriman barang. 
  • Proses bisnis adalah setiap pelaku e-business yang ingin melakukan transasi elektronik dapan memanfaatkan teknologi informasi agar aliran informasi , transaksi maupun lama pengiriman barang jadi di persingkat dan biayanya lebih ekonomis.
  • Layanan e-business memberikan layanan yang lebih baik , lebih ekonomis serta lebih terjangkau.
  • Learning dalam e-business membuat benyak masyarakat menjadi menyadari manfaat dan kelebihan dari transaksi online.
  • Kolaborasi dalam e-business digunakan untuk menyelesaikan sebuah transaksi. Maksudnya pada saat pengguna melakukan transaksi maka akan terjadi kolaborasi antara penyedia shopping online dengan bank untuk menyelesaikan proses pembayaran.
  • Komunitas dalam e-busines merupakan media yang cukup penting untuk belajar dan memperbaiki diri secara terus menerus.

BAB 7 TREND SISTEM / TI DALAM BIDANG 

KESEHATAN

a. Perkembangan, Manfaat dan Peranan Komputer Pada Bidang Kesehatan


  •   Perkembangan  komputer dibidang kesehatan.

       Saat ini perkembangan dunia teknologi sangat berkembang pesat terutama dalam dunia IT (Informatic Technology). Perkembangan dunia IT berimbas pada perkembangan berbagai macam aspek kehidupan manusia. Salah satu aspek yang terkena efek perkembangan dunia IT adalah kesehatan. Dewasa ini dunia kesehatan modern telah memanfaatkan perkembengan teknologi untuk meningkatkan efisiensi serta efektivitas di dunia kesehatan. Salah satu contoh pengaplikasian dunia IT di dunia kesehatan adalah penggunaan alat-alat kedokteran yang mempergunakan aplikasi komputer, salah satunya adalah USG (Ultra sonografi).
     USG adalah suatu alat dalam dunia kedokteran yang memanfaatkan gelombang ultrasonik, yaitu gelombang suara yang memiliki frekuensi yang tinggi (250 kHz – 2000 kHz) yang kemudian hasilnya ditampilkan dalam layar monitor. Pada awalnya penemuan alat USG diawali dengan penemuan gelombang ultrasonik kemudian bertahun-tahun setelah itu, bidang kedokteran. Penggunaan ultrasonik dalam bidang kedokteran ini pertama kali diaplikasikan untuk kepentingan terapi bukan untuk mendiagnosis suatu penyakit. Dalam hal ini yang dimanfaatkan adalah kemampuan gelombang ultrasonik dalam menghancurkan sel-sel atau jaringan “berbahaya” ini kemudian secara luas diterapkan pula untuk penyembuhan penyakit-penyakit lainnya. Misalnya, terapi untuk penderita arthritis, haemorrhoids, asma, thyrotoxicosis, ulcus pepticum (tukak lambung), elephanthiasis (kaki gajah), dan bahkan terapi untuk penderita angina pectoris (nyeri dada).
     Baru pada awal tahun 1940, gelombang ultrasonik dinilai memungkinkan untuk digunakan sebagai alat mendiagnosis suatu penyakit, bukan lagi hanya untuk terapi. Hal tersebut disimpulkan berkat hasil eksperimen Karl Theodore Dussik, seorang dokter ahli saraf dari Universitas Vienna, Austria. Bersama dengan saudaranya, Freiderich, seorang ahli fisika, berhasil menemukan lokasi sebuah tumor otak dan pembuluh darah pada otak besar dengan mengukur transmisi pantulan gelombang ultrasonik melalui tulang tengkorak. Dengan menggunakan transduser (kombinasi alat pengirim dan penerima data), hasil pemindaian masih berupa gambar dua dimensi yang terdiri dari barisan titik-titik berintensitas rendah. Kemudian George Ludwig, ahli fisika Amerika, menyempurnakan alat temuan Dussik.
     Tahun 1949, John Julian Wild, ahli bedah Inggris yang bekerja di Medico Technological Research Institute of Minnesota, berkolaborasi dengan John Reid, seorang teknisi dari National Cancer Institute. Mereka melakukan investigasi terhadap sel-sel kanker dengan alat ultrasonik. Beberapa jenis alat yang dibuat untuk kepentingan investigasi tersebut antara lain B-mode ultrasound, transduser/alat pemindai jenis A-mode transvaginal, dan transrectal. Prinsip alat-alat tersebut mengacu pada sistem radar. Oleh sebab itu mereka kemudian menyebutnya sebagai Tissue Radar Machine (mesin radar untuk deteksi jaringan). Beberapa hasil penelitian lanjutan yang cukup penting dalam bidang obstetri ginekologi antara lain ditemukannya metode penentuan ukuran janin (fetal biometry), teknologi transduser/alat pemindai digital, transduser dua dimensi dan tiga dimensi modern penghasil tampilan gambar jaringan yang lebih fokus, dan penentuan jenis kelamin janin dalam kandungan (Fetal Anatomic Sex Assignment/FASA).
     Teknologi transduser digital sekira tahun 1990-an memungkinkan sinyal gelombang ultrasonik yang diterima menghasilkan tampilan gambar suatu jaringan tubuh dengan lebih jelas. Penemuan komputer pada pertengahan 1990 jelas sangat membantu teknologi ini. Gelombang ultrasonik akan melalui proses sebagai berikut, pertama, gelombang akan diterima transduser. Kemudian gelombang tersebut diproses sedemikian rupa dalam komputer sehingga bentuk tampilan gambar akan terlihat pada layar monitor. Transduser yang digunakan terdiri dari transduser penghasil gambar dua dimensi atau tiga dimensi. Seperti inilah hingga USG berkembang sedemikian rupa hingga saat ini.
  •  Manfaat komputer dalam bidang kesehatan
manfaat dari penerapan komputer dalam bidang kesehatan di tiap-tiap aplikasi antara lain sebagai berikut :

1.      Mendiagnosa suatu penyakit dan menentukan obat yang cocok.
2.      Melihat dan menganalisa organ tubuh bagian dalam manusia.
3.      Memonitoring status pasien, merecord data pribadi pasien dan riwayat penyakit pasien.
4.      Melakukan penelitian ilmia yang diperlukan.
5.      Mendeteksi DNA seseorang.
6.      Mengecek dan mengetahui hasil tes darah di laboratorium.
7.      Sebagai alat bantu dalam pemeriksaan medis.
  •  Peranan komputer dibidang kesehatan
   Dalam bidang kesehatan, komputer sangat berperan penting. Penggunaan komputer dibidang kesehatan tidak hanya akan dirasakan manfaatnya oleh para penggunannya, tetapi juga oleh organisasi tersebut, dalam hal ini misalnya rumah sakit, puskesmas, klinik, dan lain sebagainya. Perangkat ini secara tidak langsung dapat menolong jiwa manusia.
Komputer dapat digunakan mulai dari penyimpanan dan pengolahan data administrasi suatu rumah sakit atau klinik, hingga melakukan riset bidang.
Peranan komputer dalam bidang kesehatan sangat banyak dan penting. Sebagai contoh dalam bidang kesehatan peranan - peranan tersebut antara lain :

      1.       Bidang administrasi
Komputer didalam dunia administrasi sangat membantu dalam penyimpanan , pengelompokan, dan pengolahan data. Tanpa komputer, akan sangat sulit untuk memeriksa banyaknya data-data pasien, stok obat, dan data-data lainnya yang dimiliki oleh rumah sakit . dengan adanya komputer memeriksa data-data lainnya yang memiliki oleh rumah sakit akan mudah dan praktis untuk dilakukan.

      2.       Bidang farmasi
Komputer juga berperan sangat penting dalam farmasi untuk merecord resep dan dosis , serta menyimpan data harga obat-obatan tersebut. Dengan adanya komputer dalam bidang farmasi juga membantu untuk mengelompokan macam-macam obat berdasarkan kegunaannya, seperti panadol, femihnax, ponstan adalah obat penahan rasa sakit.

      3.       Mendiagnosa suatu penyakit
Komputer dna yang sudah dirancang khusus didalam bidang kesehetan mendiagnosa suatu penyakit bukan hal yang sulit lagi , dengan menggunakan komputer akan lebih cepat , memudahkan dan akurat untuk mengetahui nama dan jenis suatu penyakit.

      4.       Memonitoring status pasien
Mudah melacak pasien yang sudah pernah datang atau baru pertama kalinya berobat . dokter pun dapat dengan mudahnya melihat hasil pemeriksaan atau keluhan dari pasien yang sebelumnya pernah diderita oleh pasiennya, tanggal pasien terakhir kali berobat , resep yang pernah diberikan dan masih banyak lagi.

      5.       Penelitian
Peneliti ilmiah yang sering dilakukan dalam bidang kesehtan sangatlah bergantung pada penggunaan komputer. Penggunaan komputer dapat memaksimalkan hasil penelitian , karena adanya komputer penelitian dapat ditelusuri lebih dalam dan mendetail. 

b. Pengertian e-healty 

    E-Health atau Electronic Health adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi termasuk pula elektronika, telekomunikasi, komputer dan informatika untuk memproses berbagai jenis informasi kedokteran, guna melaksanakan pelayanan klinis (diagnose atau terapi), adaministrasi serta pendidikan. Dalam E-health faktor jarak tidak dipersoalkan karena semua kegiatannya di lakukan melalui koneksi data dan secara realtime.


c. Diagram Sistem E-Health


     Secara sederhana sistem E-Health terdiri atas sejumlah “Stasiun Medis” yang satu sama lain dihubungkan dalam suatu jaringan (Network). Suatu stasiun medis sendiri dapat terdiri atas :
1.      Komputer dengan perangkat lunak di dalamnya.
2.      Sebuah perangkat antar-muka pasien.
3.      Sejumlah instrument biomedika (tergantung keperluan).
4.      Sebuah perangkat antar-muka pengguna (berikut alat input output yang digunakan).
5.      Jaringan dan perangkat telekomunikasi yang tersedia.


Pada dasarnya setiap stasiun medis dapat berhubungan dengan stasiun medis lainnya secara:
1.      Real-time (secara sinkron), contohnya saat telekonsultasi antara dokter umum dan dokter spesialis mengenai kasus darurat seorang pasien.
2.      Store and forward, pengiriman informasi dan pembacaannya tidak pada saat yang sama, contohnya dalam penyampaian singkat jumlah rekapitulasi jumlah pasien di suatu puskesmas selama sebulan beserta informasi penting secara singkat.

d. Manfaat Sistem E-Health

   Sistem E-Health ini begitu bermanfaat bagi dunia kesehatan dan kedokteran saat ini, dikarenakan untuk mengimbangi tingginya aktivitas dan penyampaian informasi secara detail dan cepat memang memerlukan penerapan suatu teknologi berbasis komputerisasi, berikut manfaat lain dari penerapan sistem E-Health dalam dunia kedokteran :Peningkatan efisiensi atau penurunan biaya.
1.      Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan.
2.      Pembuktian diagnose melalui evaluasi ilmiah.
3.      Pemberdayaan pasien dan konsumen.
4.      Mendorong terjadinya hubungan yang lebih baik antara pasien dan tenaga kesehatan.
5.      Pendidikan bagi tenaga kesehatan dan masyarakat.
6.    Mendorong tumbuhnya komunikasi dan pertukaran informasi antar lembaga pelayanan kesehatan.
7.      Perluasan ruang lingkup pelayanan kesehatan.

e. Contoh Penerapan E-Health

  Merupakan sistem komputerisasi penulisan resep obat yang juga dikenal dengan E-Prescription, dimana pada sistem ini dokter menuliskan dan mengirimkan resep kepada bagian farmasi/apotek menggunakan media elektronik menggantikan tulisan tangan dan penggunaan media kertas. Sistem ini dibuat untuk menghindari terjadinya ROM (Reaksi Obat Merugikan) yang biasa disebabkan oleh adanya kesalahan pemakaian obat selama dalam penanganan tenaga kesehatan, yang sebenarnya hal ini dapat dicegah apabila dilakukan dengan lebih teliti dan hati-hati.
Kesalahan tersebut dapat dibagi dalam 4 fase :
1.      Fase penulisan resep
2.      Fase pembacaan resep
3.      Fase penyiapan hingga penyerahan resep oleh petugas apotek
4.      Fase penggunaan obat oleh pasien 


DAFTAR PUSTAKA









Komentar

Postingan populer dari blog ini

AMBON MANISE

A mbon adalah sebuah suku yang mendiami daerah kepulauan yang sekarang terletak di Provinsi Maluku. Nama Maluku sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Arab, yakni al-muluk. Penamaan tersebut dikarenakan yang membuat peta daerah Maluku adalah para sarjana geografi Arab. Tetapi setelah Belanda masuk, kata tersebut dirubah menjadi Maluku. Maluku didominasi oleh ras suku bangsa Melania Pasifik, yang masih berkerabat dengan Fiji, Tonga, dan beberapa bangsa kepulauan yang tersebar di kepulauan Samudera Pasifik. Sementara itu suku pendatang kebanyakan berasal dari daerah Buton, Makassar, Bugis, Cina dan Arab. Maluku juga memiliki ikatan tradisi dengan bangsa-angsa kepulauan pasifik seperti bahasa, lagu daerah, makanan, perangkat peralatan rumah tangga dan alat musik. Orang-orang suku Ambon umumnya memiliki kulit gelap, rambut ikal, kerangka tulang besar dan kuat. Profil tubuh mereka lebih atletis dibandingkan dengan suku lain di Indonesia dikarenakan aktifitas utama mereka merupakan akti

AUDIT TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI

Apa itu Audit TI? Audit teknologi informasi (TI) memeriksa proses, aset TI, dan kontrol di berbagai tingkatan dalam suatu organisasi untuk menentukan sejauh mana organisasi mematuhi standar atau persyaratan yang berlaku. Karakteristik Audit TI Bergantung pada kompleksitas dan karakteristik tertentu dari pengendalian TI atau lingkungan operasi yang menjalani audit, auditor mungkin memerlukan pengetahuan atau keahlian khusus agar dapat memeriksa dengan benar dan efektif pengendalian yang termasuk dalam ruang lingkup audit TI.  Kode etik, praktik, dan perilaku etis, seperti keahlian, umum di semua domain audit, menekankan prinsip dan tujuan seperti integritas, objektivitas, kompetensi, kerahasiaan, dan kepatuhan terhadap standar dan pedoman yang sesuai.   Independensi auditor — prinsip yang berlaku baik untuk audit internal maupun eksternal  Auditor — berarti bahwa individu yang melakukan audit dan organisasi yang mereka wakili tidak memiliki kepentingan finansial dan bebas dari konflik k

KLASIFIKASI POHON KEPUTUSAN

       Pada Mata kuliah Konsep Data Mining dengan materi klasifikasi: pohon keputusan.  Algoritma Dasar untuk Membangun Pohon Keputusan.  Algoritma yang efisien telah dikembangkan untuk menghasilkan pohon keputusan yang cukup akurat, meskipun tidak optimal, dalam jumlah waktu yang wajar.  Salah satu metode yang paling awal adalah algoritma Hunt , yang merupakan dasar bagi banyak implementasi pengklasifikasi pohon keputusan saat ini, termasuk ID3, C4.5, dan CART.     Dalam algoritma Hunt, pohon keputusan tumbuh secara rekursif. –Pohon awalnya berisi satu simpul akar yang dikaitkan dengan semua instance latih. –Jika sebuah node dikaitkan dengan instance dari lebih dari satu kelas, ia diperluas menggunakan kondisi atribut uji yang ditentukan menggunakan kriteria pemisahan. –Node daun / anak dibuat untuk setiap hasil dari kondisi atribut uji dan instance yang terkait dengan node induk didistribusikan kepada anak-anak berdasarkan hasil tes. –Langkah ekspansi simpul ini kemudian d