Langsung ke konten utama

AMBON MANISE


Ambon adalah sebuah suku yang mendiami daerah kepulauan yang sekarang terletak di Provinsi Maluku. Nama Maluku sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Arab, yakni al-muluk. Penamaan tersebut dikarenakan yang membuat peta daerah Maluku adalah para sarjana geografi Arab. Tetapi setelah Belanda masuk, kata tersebut dirubah menjadi Maluku.
Maluku didominasi oleh ras suku bangsa Melania Pasifik, yang masih berkerabat dengan Fiji, Tonga, dan beberapa bangsa kepulauan yang tersebar di kepulauan Samudera Pasifik. Sementara itu suku pendatang kebanyakan berasal dari daerah Buton, Makassar, Bugis, Cina dan Arab. Maluku juga memiliki ikatan tradisi dengan bangsa-angsa kepulauan pasifik seperti bahasa, lagu daerah, makanan, perangkat peralatan rumah tangga dan alat musik.
Orang-orang suku Ambon umumnya memiliki kulit gelap, rambut ikal, kerangka tulang besar dan kuat. Profil tubuh mereka lebih atletis dibandingkan dengan suku lain di Indonesia dikarenakan aktifitas utama mereka merupakan aktifitas laut seperti berlayar dan bernenang.
Pendukung kebudayaan di Maluku terdriri dari ratusan sub suku, yang dapat diindikasikan dari pengguna bahasa lokal yang diketahui masih aktif dipergunakan sebanyak 117 dari jumlah bahasa lokal yang pernah ada. Meskipun masyarakat di daerah ini mencerminkan karakteristik yang multikultur, tetapi pada dasarnya mempunyai kesamaan nilai budaya sebagai representasi kolektif. Salah satunya adalah filosofi Siwalima yang selama ini telah melembaga sebagai cara pandang masyarakat tentang kehidupan bersama dalam kepelbagaian. Di dalam filosofi ini, terkandung berbagai pranata yang memiliki nlai umum dan dapat ditemukan di seluruh wilayah Maluku.
Pulau Ambon merupakan pulau yang terletak di Kepulauan Maluku, di selatan Pulau Seram. Saat ini merupakan letak kota Ambon ibukota dari provinsi Maluku.

  • RUMAH ADAT 
                Hasil gambar untuk rumah adat ambon

Rumah adat Suku Ambon dinamakan Baileo, dipakai untuk tempat pertemuan, musyawarah dan upacara adat yang disebut seniri negeri. Rumah tersebut merupakan panggung dan dikelilingi oleh Serambi. Atapnya besar dan tinggi terbuat dari daun rumbia, sedangkan dindingnya dari tangkai rumbia yang disebut gaba-gaba.

  • PAKAIAN ADAT 
       Hasil gambar untuk pakaian adat ambon

Prianya memakai pakaian adat berupa setelan jas berwarna merah dan hitam, baju dalam yang berenda dan ikat pinggang. Sedangkan wanitanya memakai baju cele, semacam kebaya pendek dan berkanji yang disuji. Perhiasannya berupa anting-anting, kalung dan cincin. Pakaian ini berdasarkan adat Ambon.

  • TRADISI 
1. Bambu Gila
Gambar terkait
Di pulau Ambon, pertunjukan Bambu Gila bisa ditemukan di desa Liang dan desa Mamala. Tradisi ini dimulai dengan menebang batang bambu, batang bambu yang digunakan tidak sembarang dipilih,sang pawang haruslah melakukan serangkaian adat untuk meminta izin penebangan batang bambu dihutan bambu. Sang pawang akan mengarahkan roh yang ada didalam bambu sambil memegang wadah berisi kemenyaan sambil membacakan mantra. Roh itu akan merontah dan membuat para penahan bambu terlempar kesana-kemari, namun para penahan harus mampu menahan bambu sampai roh itu bisa ditenangkan oleh sang pawang.


2. Pukul Sapu Lidi 

Hasil gambar untuk pukul sapu lidi

Tradisi ini dilakukan setiap 7 Syawal atau sepekan setelah hari raya Idul Fitri, tradisi ini dilakukan oleh para lelaki. Mereka bertelanjang dada dengan menggunakan celana pendek dan ikat kepala. Sebelum mereka melakukan aktraksi pukul memukul mereka akan dikumpulkan di rumah adat untuk mengikuti serangkaian acara adat dan meminta doa kepada leluhur agar diberkati. Pemain pukul sapu berjumlah 10 sampai 15 orang yang terbagi dalam 2 kelompok dengan warna celana berbeda. Mereka memegang sapu lidi yang terbuat dari tulang daun pohon mayang (Pohon Enau) dengan panjang sekitar 1,5 meter dengan diameter pangkal lidi 1-3 cm. Mereka akan mulai saling memukul sampai tubuh mereka luka-luka dan bengkak, namun para pemain pukul sapu mengatakan bahwa mereka tidak pernah merasa sakit pada tubuh mereka, mereka hanya mereasa nyaman dan geli ketika setiap lidi dari sapu itu dipukulkan ke badan mereka.

3.  Makan Patita

Gambar terkait

Makan  Patita adalah tradisi makan bersama sekelompok masyarakat dengan menyajikan menu makanan khas Maluku seperti ikan asar, kokohu, patatas rebus, singkong rebus dll.Meja Patita adalah sebutan untuk tempat meletakan makanan. Biasanya meja patita ada yang terbuat dari daun kelapa atau daun pisang yang ditata disepanjang jalan/lokasi sebagai alas, ada juga yang menggunakan meja kayu yang ditutupi daun pisang sebagi meja. Tradisi ini bertujuan untuk mengenalkan menu khas Maluku juga meningkatkan kekerabatan dan kebersamaan dalam kehidupan masyrakat. 

  • TARIAN TRADISIONAL
1. Tari Saureka
Hasil gambar untuk tari gaba gaba maluku

Tari Saureka Reka adalah tarian tradisional sejenis tarian pergaulan yang berasal dari Provinsi Maluku. Tarian ini biasanya dilakukan oleh para muda-mudi, dimana para laki-laki akan memainkan gaba-gaba dan para perempuan akan menari dan menghindari gaba-gaba tersebut. Gaba-gaba ini sendiri merupakan bilah pohon sagu yang digunakan sebagai atribut atau properti dalam menari dan sekaligus menjadi musik pengiring tarian ini. Tari Saureka Reka ini merupakan salah satu kesenian dan permainan tradisional dari Maluku yang cukup terkenal dikalangan masyarakat dan sering ditampilkan diberbagai acara adat maupun hiburan.

2. Tari Lenso

Gambar terkait

Lenso atau tarian muda-mudi. Lenso sendiri adalah sebuah kain yang berbentuk seperti selendang kecil atau saputangan. Masyarakat dari daerah timur Indonesia biasa menyebut selendang kecil dengan Lenso. Fungsi dari lenso dalam tarian ini adalah sebagai alat persetujuan atau penolakan. Jumlah penarinya beragam ada yang terdiri dari 6 hingga 10 orang dalam satu kali pementasan.

3.Tari Cakalele 

Hasil gambar untuk tari cakalele ambon

Cakalele atau tarian perang. Tarian ini biasanya dibawakan secara beramai-ramai. Jumalah penarinya bisa mencapai 30 orang yang terdiri dari laki-laki dan perempuan dan mereka saling berpasangan. Tidak seseram namanya, tarian ini biasanya dipentaskan dalam rangka menyambut tamu, pembukaan acara tertentu dan perayaan adat. Tarian ini memiliki keistimewaan tersendiri. Keistimewaan tersebut berasal dari atribut yang dikenakan penari. Celana berwarna merah menyimbolkan keberanian dari rakyat Maluku dalam menghadapi perang. Pedang atau parang pada tangan kanan menyimbolkan harga mati dari harga diri penduduk Maluku. Tameng (salawaku) menyimbolkan protes terhadap sistem pemerintahan yang tidak memihak kepada rakyat.

4. Tari Katreji 

Gambar terkait

Tari katreji atau tari pergaulan, biasanya tarian ini ditampilkan pada upacara-upacara pelantikan pemimpin (Kepala Desa, Gubernur dan Bupati). Tarian ini konon menurut sejarah, merupakan sebuah artikulasi dan perpaduan dua budaya yaitu budaya Eropa (Portugis dan Belanda) dengan budaya Maluku. Perpaduan tersebut nampak dari penyampaian aba-aba yang masih menggunakan bahasa Belanda dan Portugis dalam perubahan pola lantai ataupun gerakan dalam tarian. Hal ini disebut sebagai proses perpaduan budaya. Tarian ini diiringi oleh perpaduan irama dari biola, ukulele, suling bambu, gitar, tifa dan bas. Alunan musiknya masih lebih menonjol ke arah musik Eropa. Walaupun demikian, tarian ini masih digemari oleh masyarakat Maluku, dan dianggap sebagai bagian dari budaya.

5. Tari Dansa Tali
Hasil gambar untuk TARI TALI AMBON

Dansa Tali merupakan salah satu tarian khas dari Ambon.Dansa tali sering dibawakan dengan semangat oleh para  muda dan mudi daerah. Para penari yang terdiri atas laki-laki dan perempuan berdansa dengan berpusat pada sebuah tali panjang yang bercabang puluhan. Mereka menari diiringi musik campuran Portugas,Purtugis dan Belanda. Para penari secara bergantian saling menukar tali.

  • MAKANAN KHAS 

Papeda
 Hasil gambar untuk papeda
Papeda merupakan makanan khas Maluku yang terbuat dari bahan dasar tepung sagu yang kemudian di campurkan dengan air dan dimasak. Bentuk dari masakan papeda ini bertekstur kental dan lengket. Masyarakat ambon menikmati papeda dengan  ikan kuah kuning.

Sagu Serut
Hasil gambar untuk sagu serut \
Sagu serut adalah salah satu jenis kue khas Ambon. Dari segi fisik, roti ini hampir sama dengan roti kecik yang memanjang. Hanya saja kue sagu serut dibuat sesuai namanya, dari sagu yang dicampur. Bisa jadi campurannya  jahe atau kayu manis.

Roti Kenari
Gambar terkait
Roti ini dibuat dari roti tawa yang diberi balutan kenari sekaligus gula merah. 


Sagu Bakar
Hasil gambar untuk sagu bakar ambon
Di Ambon sendiri sagu bakar dimasak di atas api lalu ketika telah matang dari pembakaran ditambahkan gula merah sepanjang permukaan sagu bakar. Cara makannya tidak ada yang khusus, tapi lebih baik menyantap ketika masih hangat

Ikan Tuna Asap
Hasil gambar untuk ikan asap cakalang
Nama khasnya adalah Ikan Cakalang Asar. Ambon memang memiliki banyak pulau kecil yang kaya akan hasil laut. Di sana bahkan tradisi larung laut demi menjaga keseimbangan masih amat dijaga. Penduduk Ambon memiliki cara khas dalam mengolah Ikan Cakalang. Cara memasaknya memang tidak menggunakan penggorengan atau dibakar, melainkan hanya diasapi menggunakan batok kelapa atau bagian sabut kelapaIkan Tuna Asap tersebut sangat pas bila dijadikan bahan urap-urap yang dalam bahasa Ambon disebut kohu-kohu. Selain itu, cara menikmati dengan mencocolnya ke sambal colo-colo.




Sumber :

https://bacaterus.com/tarian-tradisional-maluku/
https://keepo.me/royke.warella/7-tradisi-masyarakat-maluku-yang-menjadi-daya-tarik-pariwisata
https://yangpaling.com/food/9-makanan-ambon-yang-paling-populer/





\


Komentar

Postingan populer dari blog ini

AUDIT TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI

Apa itu Audit TI? Audit teknologi informasi (TI) memeriksa proses, aset TI, dan kontrol di berbagai tingkatan dalam suatu organisasi untuk menentukan sejauh mana organisasi mematuhi standar atau persyaratan yang berlaku. Karakteristik Audit TI Bergantung pada kompleksitas dan karakteristik tertentu dari pengendalian TI atau lingkungan operasi yang menjalani audit, auditor mungkin memerlukan pengetahuan atau keahlian khusus agar dapat memeriksa dengan benar dan efektif pengendalian yang termasuk dalam ruang lingkup audit TI.  Kode etik, praktik, dan perilaku etis, seperti keahlian, umum di semua domain audit, menekankan prinsip dan tujuan seperti integritas, objektivitas, kompetensi, kerahasiaan, dan kepatuhan terhadap standar dan pedoman yang sesuai.   Independensi auditor — prinsip yang berlaku baik untuk audit internal maupun eksternal  Auditor — berarti bahwa individu yang melakukan audit dan organisasi yang mereka wakili tidak memiliki kepentingan finansial dan bebas dari konflik k

KLASIFIKASI POHON KEPUTUSAN

       Pada Mata kuliah Konsep Data Mining dengan materi klasifikasi: pohon keputusan.  Algoritma Dasar untuk Membangun Pohon Keputusan.  Algoritma yang efisien telah dikembangkan untuk menghasilkan pohon keputusan yang cukup akurat, meskipun tidak optimal, dalam jumlah waktu yang wajar.  Salah satu metode yang paling awal adalah algoritma Hunt , yang merupakan dasar bagi banyak implementasi pengklasifikasi pohon keputusan saat ini, termasuk ID3, C4.5, dan CART.     Dalam algoritma Hunt, pohon keputusan tumbuh secara rekursif. –Pohon awalnya berisi satu simpul akar yang dikaitkan dengan semua instance latih. –Jika sebuah node dikaitkan dengan instance dari lebih dari satu kelas, ia diperluas menggunakan kondisi atribut uji yang ditentukan menggunakan kriteria pemisahan. –Node daun / anak dibuat untuk setiap hasil dari kondisi atribut uji dan instance yang terkait dengan node induk didistribusikan kepada anak-anak berdasarkan hasil tes. –Langkah ekspansi simpul ini kemudian d